Memuat…

Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal

Image result for kesuksesan
Allah SWT., selalu menguji hambanya dengan berbagai cara tentunya untuk mengetahui tingkat kesabarannya. Ujian yang Allah berikan, bisa berupa sakit, kesusahan, kelaparan, kesedihan, dan lain sebagainya. kesabaran seseorang dapat dilihat dari ujian tersebut. Jika seseorang tersebut selalu sabar dan tetap optimis, maka Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Setiap ujian yang telah Allah berikan, tidk untuk ditakuti, ataupun malah dihindari namun untuk kita hadapi dengan sikap yang baik. Setiap manusia pasti pernah mengalami kesusahan, kesedihan, dan kebahagiaan. Semua itu diciptakan memang untuk menguji setiap hambaNya. Setiap ujian dan cobaan yang diberikan Allah SWT, dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.
Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita pernah menjumpai seseorang yang berputus asa atas masalah yang sedang dihadapinya. Mereka merasa bahwa masalah yang sedang ia hadi adalah masalah yang sangat besar dan tidak bisa diselesaikan. Karena ia merasa pikirannya sudah tumpul dan tidak dapat berfikir secara jernih, sehingga ia tidak dapat memecahkan masalah atau tidak mampu memberikan solusi untuk dirinya sendiri. Mereka merasa depresi, stres, bahkan ada yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Orang-orang seperti inilah tipe orang yang berputus asa. Padahal, putus asa merupakan perilaku tercela yang harus dihindari dan dengan berputus asa menyebabkan seseorang jauh dari kasih sayang Allah SWT.
Sebagai makhluk ciptaan Allah, masing-masing dari kita pasti memiliki cita-cita dan harapan yang ingin dicapai. Maka seharusnya kita bisa tetap optimis dan bersabar dalam melalui tahap-tahap untuk mencapai kesuksesan tersebut. Sikap optimis akan menambah semangat dan kekuatan dalam diri kita. Tidak cukup hanya dengan optimis saja, namun juga harus ada usaha yang nyata untuk meraih apa yang kita cita-citakan dan impikan. Setelah berusaha sekuat tenaga dan berdoa, pasrahkan semua kepada Allah Swt. Kepasrhan kita kepada Allah Swt., akan membuat hidup kita menjadi tenang, damai, dan senantiasa bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah untuk kita. Tidak sedikit seseorang yang berprasangka buruk kepada Allah Swt, karena apa yang mereka usahakan belum tercapai. Allah Swt, Maha berkehendak. Manusia hanya bisa berusaha, sedangkan Allah lah yang menentukan. Allah lebih tau apa yang terbaik untuk kita, maka dari itu tetap berprasangka baik dengan Allah, karena semua itu akan ada hikmah yang dapat kita ambil.
Optmis, Ikhtiar, dan Tawakal merupakan akhlak terpuji yang harus dimiliki setiap mukmin. Ketiganya merupakan kunci untuk meraih kesuksesan hidup, baik didunia maupun di akhirat. Semua orang pasti ingin sukses, oleh karena itu terapkan ketiga kunci tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 
Wallahu 'alam bii al-shawwab

0 Comments

Post a Comment