Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketupat Sinta dan Cara Pembuatannya

Ketupat Sinta dan Cara Pembuatannya
Ketupat Sinta | Foto Original oleh Nur Itsnaini | RahmanCyber.NET



Ketupat adalah makanan yang tidak asing


Ketupat adalah makanan yang tidak asing di kalangan masyarakat. Biasanya disajikan secara besar-besaran ketika hari raya yaitu hari raya idul fitri dan juga hari raya idul adha. Hampir semua masyarakat membuat ketupat dan kemudian mereka sajikan sebagai menu utama hari raya. 



Cara pengolahan ketupat


Cara pengolahan ketupat yaitu beras dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa atau biasa disebut janur dan kalau orang jawa biasanya menyebutnya dengan blarak. 


Di bentuk hingga menjadi seperti kantong/ belah ketupat yang dianyam kemudian ketupat yang sudah diisi beras tersebut ditanak dan jika sudah matang bisa dimakan sebagai pengganti nasi. Sebenarnya, ketupat ini juga sama-sama terbuat dari beras namun perbedaannya yaitu cara pengolahannya. 




Membuat Ketupat


Untuk membuat ketupat pun dibutuhkan daya kreativitas agar dapat menghasilkan kantong-kantong anyaman janur yang memiliki nilai seni. Tidak semua oramg bisa membuatnya, karena selain kreativitas juga dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam menganyamnya. Bahkan kebanyakan orang di era milenial ini, mereka lebih suka membeli ketimbang membuat, sebab lebih simple dan tentunya tidak ribet.


Namun, bagi orang-orang yang lebih suka menciptakan kreativitas sendiri, mereka akan membeli janur dan membuatnya, tentunya harga pun lebih murah dan bisa membuat seberapa banyak jumlah ketupat yang diinginkan. 



Ada banyak sekali bentuk ketupat


Ada banyak sekali bentuk ketupat, salah satunya yang paling familiar adalah ketupat sinta. Ketupat sinta yang berbentuk belah ketupat dan tentunya paling sering digunakan oleh masyarakat sekitar. 

Video kali ini yaitu tentang turorial membuat ketupat sinta. Jika kalian ingin menciptakan kreativitas, maka bersungguh-sungguhlah dalam mengerjakannya. Begitu pula, jika kalian ingin bisa membuat ketupat, maka berlatihlah, bersabar, dan telitilah dalam mengerjakannya. 




Untuk video tutorial membuat ketupat sinta yang mudah dan ga ribet, kalian bisa buka Nissheen Channel youtube saya dengan link berikut ini. 

https://www.youtube.com/watch?v=7-c2cHmiAiU

Kalian bisa nih lihat tutorial dari video yang sudah saya buat, sangat simple dan sederhana. Tentunya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian ya guys. 


Selamat mencoba....




Posting Komentar untuk "Ketupat Sinta dan Cara Pembuatannya"

Penulis :
-----------------

Nur Itsnaini SS | Alumni IAIN WALISONGO Semarang
Pengelola Website "Nur Itsnaini"
Konsentrasi Artikel "Pendidikan Agama Islam"



Semoga Ilmunya dapat bermanfaat