Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Shalat dan apa dosa jika meninggalkannya?

Apakah kamu tahu apa itu shalat? 

Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Shalat?

Secara etimotogi atau bahasa, shalat adalah berdo'a. Sedangkan secara terminologi shalat adalah 

أَقوالٌ و أَفعالٌ مُفْتَتَحَةٌ بِالتَّكْبِيرِ و مُخْتَتَمَةٌ بِالتَّسْلِيمِ

Artinya yaitu "Perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang dimulai dengan takbir (takbiratul ihram)Ndan diakhiri dengan salam." 

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, shalat adalah segala perkataan dan perbuatan yang diawali dengan bacaantakbir (Allahu Akbar) dan diakhiri dengan bacaan salam (Assalamualaikum Warahmatullai wa Baarakatuh)

Dalil pelaksanaan shalat tertera dalam Q. S. TaaHaa ayat 14,

إِنَّنِىٓ أَنَا ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنَا۠ فَٱعْبُدْنِى وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِذِكْرِىٓ

Artinya: "Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku."

Dalam ayat di atas sangatlah jelas bahwasanya tidak ada yang patut disembah kecuali Allah Swt. Dan untuk untuk menyembah Allah yaitu dengan mendirikan shalat agar kita selalu ingat kepadaNya.

Dalam Q. S TaaHaa pun juga dijelaskan mengenai tujuan shalat yaitu agar setiap hambaNya senantiasa berdzikir kepada Allah kapanpun dan dimanapun ia berada. Seperti halnya ketika kita mengucapkan Allahu Akbar yang berarti Allah Maha Besar. Dengan begitu kita sedang berdzikir kepada Allah tentang keagunganNya. Sehingga dengan kita selalu mengingat Allah hati dan fikiran pun pastinya akan menjadi tenang dan damai.

Selain Q. S TaaHaa perintah untuk mengerjakan shalat juga terdapat dalam Q. S al Ankabut ayat 45,

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dengan mengerjakan shalat akan dapat menghindarkan kita dari perbuatan keji dan mungkar. Jika kita mengerjakan shalat dengan benar, baik, dan khusyuk, akan membuat nurani kita bisa memahami segala larangan agar tidak melakukannya dan akan menambah kualitas ketaqwaan kita. Sebab, kualitas ketaqwaan seseorang akan selalu menjaga lisan, hati, serta perbuatan dari niat yang nantinya dapat menyakiti dan mendzalimi seseorang.

Tujuan melaksanakan shalat

Tujuan melaksanakan shalat itu ada banyak sekali, terutama untuk mendekatkan diri kepada Allah, memperoleh cinta dari Allah, menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan, dan lain sebagainya.

Kita hidup di dunia ini hanyalah sementara dan di dunia inilah kita mencari bekal untuk kehidupan di akhirat kelak, karena di akhirat lah kehidupan yang kekal. Amalan kita ketika dunia menjadi penentu masuk surga ataupun neraka yang menjadi tujuan manusia yang sesungguhnya. 

Kita selalu berharap agar mendapatkan surgaNya Allah, namun jika tanpa ikhtiyar itu sama aja hanyalah sebuah angan yang mungkin tak dapat dicapai. Maka dari itu, harapan kita untuk mendapatkan surgaNya Allah harus diiringi dengan berbagai hal, diantaranya menunaikan shalat lima waktu, selalu berdzikir kepada Allah, mengerjakan amal-amal kebaikan, dan sebagainya yang dapat menambah pahala serta memudahkan kita kelak di yaumul hisab.

Dalam Q. S al Baqarah ayat 45 pun juga telah dijelaskan mengenai perintah untuk mengerjakan shalat,

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’."

  • Shalat merupakan bagian dari rukun Islam yang ke-2 

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ . رواه البخاري و مسلم

"Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

  • Shalat juga merupakan tiang agama
  • Perintah untuk menjaga shalat fardhu dengan kesungguhan
  • Pembatas antara keimanan dan kekafiran
  • Shalat adalah amal ibadah pertama kali yang akan dihisab kelak di yaumul qiyamah

Shalat itu menjadi bagian dari kita, sebagai umat muslim tentunya jika kita meninggalkannya akan mendapatkan dosa. 

Ada banyak sekali dosa-dosa yang akan diberikan kepada orang yang meninggalkan shalat yang sudah saya tuliskan dalam bab Penyebab kefakiran; Meremehkan shalat.

Dalam sebuah hadis telah dijelaskan mengenai bagaimana kejamnya siksaan bagi mereka yang meninggalkan shalat. Ibnu Abbas r.a. berkata Jika langit sudah terbuka, maka malaikat akan datang dengan membawa rantai sepanjang 7 hasta. Rantai ini akan digantungkan kepada orang yang tidak melaksanakan shalat. Kemudian dimasukkan dalam mulutnya dan akan keluar dari duburnya. Kemudian malaikat mengumumkan, “ini adalah balasan orang yang menyepelekan perintah Allah.” (Ibnu Abbas r.a).

Kebayang kan? Bagaimana kejamnya siksaan bagi orang yang meinggalkan shalat? 

نعوذ بالله من ذلك Semoga kita semoga terhindar dari kejamnya siksaan api neraka. Aamiin

Nisbah Dosa

Nisbah dosa yang diterima oleh orang yang meninggalkan shalat yaitu sebagai berikut:

  • Meninggalkan 1 kali shalat shubuh, hukumannya adalah masuk neraka selama 30 tahun, sedangkan 1 sari di neraka = 60.000 tahun di dunia. 

Bisa diitung sendiri kan? Jika tidak melaksanakan shalat shubuh 1 kali berarti mendekam di neraka berapa tahun? نعوذ بالله من ذلك

  • Meninggalkan 1 kali shalat dzuhur yaitu sama dengan membunuh 1000 umat. Di dunia kita tidak pernah membunuh siapa-siapa, namun jika kita meninggalkan 1 kali shalat dzuhur itu sama saja membunuh, dan tidak hanya satu, bahkan 1000 umat Islam. Astaghfirullah
  • Meninggalkan 1 kali shalat ashar yaitu sama dengan meruntuhkan ka'bah. 

Kalian pasti tau kan? Ka'bah adalah tempat untuk menunaikan ibadah haji, serta ka'bah adalah penentu arah kiblat. Nah jika dihancurkan bagaiamana coba? Brarti sama saja ia telah menghancurkan rumah Allah. نعوذ بالله من ذلك

  • Meninggalkan 1 kali shalat maghrib sama dengan dosa berzina dengan ibunya (jika laki-laki)/ berzina dengan ayahnya (jika perempuan)
  • Meninggalkan 1 kali shalat isya', yaitu ia tidak akan di ridhoi oleh Allah  untuk tinggal di bumi dan akan di dedas mencari tempat hidup lain.


Hemmm, bisa dimengerti kan ya? kira-kira dosa apa aja jika meninggalkan shalat. Nah untuk itu marilah kita untuk selalu menunaikan shalat dengan khusyuk serta menjalankan perintah-perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Shalat dan apa dosa jika meninggalkannya?"

Penulis :
-----------------

Nur Itsnaini SS | Alumni IAIN WALISONGO Semarang
Pengelola Website "Nur Itsnaini"
Konsentrasi Artikel "Pendidikan Agama Islam"



Semoga Ilmunya dapat bermanfaat