Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sesuatu yang dapat menjadikan hafal/ menambah hafal

 

(Sesuatu yang dapat menjadikan hafal)

Kami terangkan: Bahwa sebab-sebab yang menjadi hafal ialah dengan bersungguh-sungguh, rajin, mengurangi makan dan mengerjakan salat malam. Adapun membaca al-Quran, juga termasuk menjadi sebab mudah hafal.

Telah dikatakan: tidak ada sesuatu yang dapat menambah hafal daripada membaca al-Quran dengan melihat. Membaca al-Quran dengan melihat huruf-huruf adalah hal yang lebih utama. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda: “Perbuatan umatku yang paling utama ialah membaca al-Quran dengan melihat hurufnya.”

Syekh Syaddad bin Hakim pernah bermimp bertemu dengan saudaranya yang sudah meninggal. Dalam mimpi tersebut, Syekh Syaddad bertanya kepada saudaranya: Perbuatan apakah yang paling bermanfaat engkau peroleh? Saudaranya menjawab: Perbuatan membaca al-Quran dengan melihat huruf-hurufnya. Bagi orang yang mengaji, ketika akan mengangkat kitab yang akan dibaca, hendaknya membaca: Bismillaahi wa subhaanallahi walhamdulillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbaru wa laa khaula wa laa quwwata illa billahil’aliyyil’adzimil’aziizil’aliim. ‘Adada kulli kharfin kutiba wa yuktabu abadal aaabidiina wa dahraddaahiriin. (Dengan menyebut Asma Allah, Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan selain atas pertolongan Allah yang Maha Mulia Agung Luhur lagi Maha Mengetahui – berulang hinggasejumlah huruf yang telah ditulis dan akan ditulis berabad-abad dan sepanjang masa.)

Hendaklah setiap selesai salat fardhu membaca: Aamantu billahilwaakhdil akhadil haqqi wahdahu laa syariika lahu wa kafartu bimaa siwaahu(Aku beriman kepada Allah Yang Maha Tunggal, Maha Esa, Maha Haq, Maha Sendiri tiada sekutu bagi-Nya, dan aku buang selain Allah). Di samping itu hendaklah memperbanyak shalawat nabi, karena Nabi Muhammad saw. adalah menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Dikatakan dalam sebuah sya’ir:

Aku pernah melaporkan kepada ustadz Waki’ mengenai sulitnya hafalan-ku; kemudian ustadz Waki’ berkata kepadaku: tinggalkanlah segala perilaku maksiat.

Karena sesungguhnya hafal itu adalah karunia dari Tuhan; maka dari itu, karunia Allah Swt. tidak diberikan kepada orang yang berbuat maksiat.

Adapun siwakan, minum madu, makan getah kandar yang dicampur gula, dan makan anggur yang warnanya merah dua puluh satu buah, kemudian dimakan setiap hari sebelum makan sesuatu, juga dapat menyebabkan mudah menghafal di samping dapat menyembuhkan beberapa minyak, dapat pula mengurangi dahak dan basah tubuh dari keringat serta menambah mudahnya menghafal. 

Itulah beberapa hal yang dapat menjadikan hafal serta dapat menambah hafalan. Serta beberapa amalan dan doa selesai shalat fardhu yang dapat menambah hafalan. Semoga bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari yahh, karena hal ini sangatlah bermanfaat untuk kita.


Sumber: 

Az Zarnuji, Syekh. Pedoman Belajar Pelajar dan Santri. Surabaya: Al-Hidayah

As'ad, Aliy. 2007. Terjemah Ta'lim Muta'allim (Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan). Kudus: Menara Kudus.







Posting Komentar untuk "Sesuatu yang dapat menjadikan hafal/ menambah hafal"

Semoga Ilmunya dapat bermanfaat